Jumat, 15 September 2017

Festival Tari Unesa 2017

SEKILAS TENTANG FESTIVAL TARI TRADISIONAL PELAJAR

tari, festival, pelajar, unesa



Festival Tari Tradisional Pelajar (FTTP) tahun 2017 ini merupakan suatu ajang perlombaan yang bergerak pada bidang seni khususnya seni pertunjukan. FTTP tahun 2017 ini adalah tahun kedua. Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa-siswi SMA/sederajat se-Jawa Timur. Dan di tahun kedua Festival Tari Tradisional Pelajar ini bertemakan “Warna-Warni Jawa Timur”. Tema tersebut diharapkan para pemuda khususnya pelajar mengetahui keberagaman budaya yang dimiliki setiap daerah yang ada di wilayah Jawa Timur, dan mereka mampu menampilkan ciri khas budaya masing-masing serta bersaing dalam Festival Tari Tradisional Pelajar ini. Pada Festival Tari Tradisional Pelajar 2016 dilaksanakan selama 1 hari. Dan di tahun ini kami menyelenggarakan Festival Tari Tradisional Pelajar selama 1 hari pula.


Latar Belakang

Seiring perkembangan waktu dan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi serta kurangnya minat dan perhatian para pemuda terhadap seni dan budaya asli milik Indonesia yang semestinya kita lestarikan kini tenggelam di tengah-tengah kuatnya arus budaya asing yang masuk hingga ke pelosok-pelosok desa. Masuknya budaya barat yang mendapat respon positif dari kalangan remaja tanpa adanya filter dan penyeimbang dari budaya lokal mengakibatkan para remaja, pemuda, dan sebagian besar masyarakat mengalami kerancuan dalam memahami dan membedakan antara budaya asli milik Indonesia dengan budaya asing.
Untuk mengantisipasi fenomena diatas, kami mengadakan Festival Tari Tradisonal Pelajar 2017 dengan tema “Warna-Warni Jawa Timur”. Jika kita melihat Jawa Timur itu sendiri, sangat beranekaragam kebudayaan yang dimiliki setiap daerah,disayangkan sekali apabila kita sebagai generasi bangsa tidak menjaga dan mempertahankan warna dan ciri khas kebudayan tersebut. Dengan demikian diharapkan para pemuda khususnya pelajar yang berbakat di bidang seni khusunya dalam seni tari kini mampu menampilkan dan bersaing dengan baik  dalam FTTP 2017 se-Jawa Timur demi menumbuhkan semangat dan rasa cinta terhadap kesenian budaya.
Pada tahun pertama pelaksaan Festival Tari Tradisional Pelajar yang sebelumnya di laksanakan pada tahun 2016 mendapatkan respon yang positif dari berbagai kalangan maka dari itu kami menghadirkan kembali Festival Tari Tradisional Pelajar pada tahun 2017 ini dengan tema yang baru dan berbeda dengan harapan semoga melalui Festival ini, para generasi muda terinspirasi menjadi sosok yang membangun Negara masing-masing untuk bersaing dalam pasar internasional selepas mengikuti festival yang akan diikuti oleh siswa SMA/sederajat se-Jawa Timur ini. Kami akan melaksanakan kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2017.



Tujuan Acara

Untuk meningkatkan SDM dalam berkesenian tari usia remaja.
Untuk menampung daya kreatifitas yang dimiliki oleh pelajar SMA/ sederajat se-Jawa Timur.
Untuk menjalin ikatan persaudaraan yang lebih erat antar pelajar SMA/ sederajat se-Jawa Timur.
Untuk menjalin kerja sama antara sivitas akademik dengan elemen lembaga dan masyarakat dalam menyelenggarakan suatu pertunjukan seni.

Untuk memperkenalkan Fakultas Bahasa dan Seni, Jurusan Sendratasik khususnya dan Universita Negeri Surabaya pada umumnya.

1. Pendaftaran :
     21 Agustus - 6 Oktober 2017

2. Technical Meeting :
     14 Oktober 2017

3.  Pelaksanaan :
     22 Oktober 2017
     di Gedung Pertunjukan Sawunggaling UNESA

4.  Hadiah Jutaan Rupiahhh
     Dengan Kategori :

     Juara 1, 2, & 3
     Juara Favorit
     Juara Tata Rias dan Busana Terbaik
     Juara Penari Terbaik Putra
     Juara Penari Terbaik Putri

 Fasilitas :
 Tropy + Sertifikat + Uang Pembinaan


Klik Di Bawah INI..

1. Persyaratan Tehnical Meeting FTTP
2. Formulir Pendaftaran 
3. Juklak Juklis




Tidak ada komentar:

Posting Komentar